Jumat, 11 November 2016

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN LOGO PT KAI

Logo adalah suatu identitas yang dipergunakan untuk menggambarkan citra dan karakter suatu lembaga / perusahaan / organisasi. Logo didesign untuk menggambarkan citra positif dari suatu perusahaan, serta memiliki peran penting dalam proses brand building. Sebuah logo dapat berkomunikasi dengan target konsumen, sehingga perubahan logo seringkali merupakan sebuah keputusan besar yang harus dipertimbangkan dengan seksama. Langkah tersebut juga dilakukan oleh perusahaan perkeretaapian Indonesia, PT KAI.
Pada tugas mata kuliah Desain Pemodelan Grafis kali ini saya memilih untuk membahas mengenai logo PT Kereta Api Indonesia. Karena saya menilai logo ini unik dan simple, namun mengandung arti yang bermakna dan dapat menggambarkan citra dari sebuah perusahaan transportasi kereta api. Berikut merupakan sejarah perkembangan logo PT KAI.
Logo PT KAI telah mengalami beberapa kali perubahan. Perubahan logo dilakukan untuk menandai perubahan layanan Kereta Api untuk menjadi lebih baik. Logo pertama dari PT KAI dimulai setelah kemerdekaan saat Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari Jepang hingga dibentuknya Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).

Nama DKARI kemudian diubah menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) kemudian diubah lagi menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Logo yang digunakan DKARI, PNKA dan PJKA didominasi warna background kuning dengan simbol garis hijau bebentuk menyerupai sayap burung. Logo ini terdiri dari sebuah gambar roda kereta yang dihimpit oleh 2 buah sayap yang mengembang yang terdiri dari lima helai bulu setiap sayap. Logo ini memiliki kesan gagah dan militeristik dan digunakan pada tahun 1953 hingga 1988. Sekarang kita dapat melihat logo ini hanya di beberapa aset kereta api Indonesia yang bersejarah atau yang sudah langka (seperti lokomotif CC  200 yang hanya tersisa satu yang masih hidup).

PJKA kembali mengalami perubahan nama menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka). Perubahan tersebut diikuti perubahan logo menjadi berbentuk segilima warna biru. Logo ini digunakan pada tahun 1988 hingga 1990.

Logo Perumka dan PT Kereta Api kembali mengalami perubahan pada tahun 1991. Logo ini menggunakan warna orange berupa gambar mirip dengan angka 2, dengan kemiringan 70 derajat dengan warna dasar putih yang menampakkan bagian depan kereta api kecepatan tinggi dengan arah yang saling berlawanan. Logo ini memberikan kesan sifat tegas, tajam, juga menggambarkan arah bolak-balik perjalanan kereta api serta melambangkan pelayanan (memberi dan menerima).

Pada tanggal 28 September 2011, PT KAI meluncurkan logo baru bertepatan dengan peringatan ulang tahunya yang ke-66. Logo tersebut diharapkan membawa semangat perbaikan bagi kinerja operator transportasi massal di Indonesia.
Logo baru ini terlihat lebih mobile dibandingkan dengan logo lama yang cenderung kokoh dan stabil. Bentuk logo yang dibuat miring memperlihatkan adanya progresivitas. Berikut adalah makna atau arti dari logo baru PT Kereta Api Indonesia.
·       3 Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
·    2 Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
·      1 Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat).

Dari perbedaan makna dalam logo PT KAI yang lama dan yang baru, terlihat bahwa PT KAI menunjukkan bahwa PT KAI ingin bertransformasi menjadi perusahaan yang mandiri. PT KAI akan bergerak lebih dinamis. Berbeda dengan makna pada logo yang lama, yang menunjukkan kesan teknis. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan logo PT KAI memberikan efek yang positif, di mana PT KAI memberikan citra yang lebih segar.
             
Sumber:


2 komentar:

  1. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Ki Witjaksono atas bantuan dana ghaibnya kini kehidupan ku lebih jauh dari sebelumnya dan itu semua berkat Ki Witjaksono bagi saudara-saudara yang mau di bantu sama Ki Witjaksono silahkan hubungi: 0852_2223_1459.
    selengkapnya KLIK-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak kak atas tulisan blognya.

    BalasHapus