Jumat, 11 November 2016

UI-PATTERNS.COM

1.        POLA DESAIN ARSIP

Ringkasan Permasalahan
Seluruh item dalam suatu kumpulan perlu disusun berdasarkan suatu urutan kronologis.

Contoh :


Penggunaan :
·       Digunakan ketika terdapat lebih dari 10 hingga 20 item yang ditampilkan
·      Digunakan ketika terdapat satu set data yang menjangkau lebih dari satu time frame panjang  dan ingin membiarkan user menelusuri item pada dataset dengan urutan yang kronologis.
·  Digunakan ketika menampilkan semua item dalam dataset yang membingungkan user  dibandingkan memberi suatu gambaran
            ·        Digunakan ketika hal tersebut bisa dipertimbangkan untuk mengurutkan item pada dataset                    berdasarkan tanggal
         ·      Digunakan ketika ingin memberikan cara mudah untuk menelusuri seluruh database dari artikel.

Solusi
Daftarkan item kedalam dataset Anda secara kronologis dan berikan berita yang sesuai untuk mencocokkan jumlah item. Jika Anda misalnya memiliki 10 item per tahun, itu tidak berarti memisahkan 10 item tersebut kedalam bulan. Jika Anda memiliki 100 item setahun, tetapi juga memiliki bulan tanpa banyak item, mungkin tidak berarti untuk memasukkan semua bulan.

Entah Anda dapat memberikan link ke halaman yang menampilkan semua item per periode waktu, ataupun hanya membuat daftar link ke setiap item langsung di halaman arsip utama.

Dasar Pemikiran
Gunakan pola arsip ketika berarti untuk mendaftarkan item dalam urutan kronologis. Daftarkan item kedalam format arsip, memudahkan pengguna untuk menjelajahi bagaimana sebuah situs web telah berkembang dari waktu ke waktu dan apa yang telah dipengaruhi item yang paling mutakhir saat ini.


2.        POLA DESAIN AUTOSAVE

Ringkasan Permasalahan
Pengguna ingin menyimpan data mereka dengan aman dan tersimpan sambil fokus bekerja tanpa harus mengingat untuk melakukannya

Contoh


Penggunaan :
·     Gunakan ketika Anda ingin membantu pengguna untuk fokus memproduksi konten yang besar tanpa perlu khawatir apakah data mereka aman dan tersimpan.

Solusi
Mencegah kehilangan data disengaja dengan otomatis menyimpan input pengguna pada interval tetap atau di acara-acara yang menarik.

Pertimbangkan apa frekuensi masuk akal untuk otomatis menyimpan konten yang diinput untuk aplikasi Anda, dan peristiwa apa yang masuk akal untuk memicu auto-save. Acara yang paling jelas adalah mengklik tombol save, tetapi acara pindah fokus ke bidang lain juga yang mungkin menarik untuk disimak.

Tombol save
Untuk panduan pengguna yang lebih baik seperti apa yang dinyatakan dalam dokumen tersebut, coba ubah label dari tombol simpan dari "Simpan", ketika form terisi netral diubah menjadi "Tersimpan" ketika bentuk terkini mewakili apa yang telah disimpan dalam penyimpanan.

Dasar Pemikiran
Biarkan pengguna khawatir tentang menciptakan konten yang besar daripada tentang kehilangan tersebut. Melepaskan tombol simpan seluruhnya dapat menciptakan rasa takut, jadi pertimbangkan untuk menjaga sekitar hal itu untuk membuat pengguna merasa aman. Tinggalkan jejak yang mengganggu tindakan yang pengguna lakukan dan pertimbangkan pelengkap dengan pola Undo.

Diskusi
Ketika menerapkan fungsi dari auto-save, pertimbangkan untuk tidak menghapus tombol "Simpan". Pengguna cenderung untuk panik, ketika tidak ada tombol "Simpan dan tutup". Meskipun tombol "Simpan" tidak apa-apa atau hanya untuk menutup jendela, itu menyediakan keyakinan dan kepastian di pengguna bahwa data mereka aman. Ini masalah kepercayaan. Apakah sistem mendengarku? Apakah saya yakin bahwa saya yakin?


3.        POLA DESAIN TABLE FILTER

       Ringkasan Permasalahan
Kebutuhan user untuk menyaring kategori data yang ditampilkan di dalam tabel dengan kolom.

 Contoh


Penggunaan
·       Digunakan apabila kita memiliki hasil data set yang sangat besar untuk ditampilkan dalam satu halaman.
·       Digunakan apabila satu atau lebih kolom tabel dapat diringkas dengan mudah ke dalam kategori untuk difilter.

Solusi
Memberikan masukan dropdown yang menyajikan kategori dimana user dapat menyaring data set. Setelah user memilih kategori dan klik "Filter" hanya baris yang termasuk ke dalam kategori yang dipilih yang akan ditampilkan.
Secara opsional beberapa filter dapat ditambahkan. Jika solusi ini dipilih, kita harus memperbarui kategori setiap kotak dropdown ketika satu kategori dipilih.

Manfaat
Menambahkan filter untuk tabel kita memungkinkan user mengurangi jumlah item yang ditampilkan. Filter membantu mempersempit hasil pencarian, membiarkan user menemukan hasil yang lebih akurat.



Sumber:
http://ui-patterns.com/patterns/Archive
http://ui-patterns.com/patterns/autosave
http://ui-patterns.com/patterns/TableFilter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar